RUMAH IDAMAN MENURUT ISLAM

7 Kriteria Rumah Idaman Penuh Berkah Menurut Islam

Memiliki rumah dan membangun rumah impian adalah salah satu keinginan terbesar yang ingin diwujudkan oleh umat manusia dalam menjalani kehidupan mereka didunia ini, Siapa sih yang tidak mau membangun dan memiliki rumahnya sendiri. Nah , Kali ini saya akan merangkum hal hal yang nantinya menjadi kriteria atau bisa saja syarat bagi sebuah rumah menjadi rumah idaman bagi pemiliknya kelak, dalam hal ini saya garis bawahi menurut Islam. Berikut saya sampaikan kriterianya :

1. Tidak Bermegah megahan, 

Kriteria rumah idaman menurut agama Islam salah satunya adalah menghindarkan dari sifat bermegah-megahan.

Seorang muslim telah dianjurkan untuk membangun rumah yang sederhana dan secukupnya, sebagaimana difirmankan Tuhan dalam QS At Takaatsur ayat 1-8.

Jadi pilihlah atau bangunlah rumah berdasarkan kebutuhan dan kecukupan, sebagai rasa syukur kita kepada ALLOH SWT.

2. Arah Bangunan Menghadap Kiblat Sesuai Syariat

Sangat dianjurkan bagi seorang muslim membangun menghadap kiblat kecuali tempat tertentu seperti WC atau toilet. Terkecuali untuk WC atau toilet diharamkan untuk dibangun menghadap kiblat sebagaimana tertera dalam hadis Sahih Muslim No.338. Jika tertutup dengan bangunan maka diperbolehkan. tapi untuk kehati-hatian lebih baik menghadap ke arah lain.

3. Memiliki Sirkulasi Udara yang Baik 

Ternyata didalam Islam , Sirkulasi udara juga diperhitungkan dalam membangun / memiliki sebuah rumah . Manfaat dari memiliki sirkulasi udara yang baik di rumah, kita akan memiliki banyak udara segar di rumah, sehingga energi dalam tubuh pun bisa jadi lebih kuat dan besar. Itulah sebabnya ventilasi yang baik sangat masuk akal dalam banyak hal

4. Memiliki kamar terpisah untuk anak anak yang sudah Baligh

Menurut Imam al-Manawi dalam Fath al-Qadir Syarh al-Jami’ al-Shaghir bahwa memisahkan tempat tidur anak-anak dalam ruang yang berbeda jika mereka telah menginjak 10 tahun adalah sebagai kehati-hatian dari godaan syahwat, meskipun mereka adalah saudara kandung.

Kedua Imam al-Thibi berpendapat bahwa penggabungan perintah salat dengan perintah memisahkan tempat tidur mereka dalam ahdis di atas adalah untuk mendidik mereka agar selalu menjaga perintah Allah Swt dan menjauhi larangan-Nya serta mengajari mereka bagaimana adab bergaul di antara sesama.

5. Hindari mengisi rumah dengan Patung maupun Lukisan Mahluk Hidup

penjelasan rinci bisa klik https://www.youtube.com/watch?v=NkBk2R4S08M

6. Memiliki Tanaman / Pohon disekitarnya

Pohon adalah sumber oksigen, semakin banyak tanaman disekitar rumah akan membuat oksigen lebih banyak ,otomatis sirkulasi udara disekitar dan didalam rumah menjadi lebih segar.

7. Memelihara / membesarkan anak Yatim didalam Rumah

Hal ini sesuai dengan salah satu hadist, 

Sebaik-baik rumah kaum muslimin ialah rumah yang terdapat di dalamnya anak yatim yang diperlakukan (diasuh) dengan baik, dan seburuk-buruk rumah kaum muslimin ialah rumah yang di dalamnya terdapat anak yatim tapi anak itu diperlakukan dengan buruk.” (HR. Ibnu Majah)




Comments

Popular posts from this blog

ARSITEKTUR GEREJA ST YUSUF

5 Cara Hemat Ini Untuk Membangun Rumah Idaman !!!

Mencicipi Kesegaran dan Kelezatan " TITENI DAPURKYU "..... Kuliner semarangan