5 Cara Hemat Ini Untuk Membangun Rumah Idaman !!!

 

5 Cara Hemat Ini Untuk Membangun Rumah Idaman !!!


1. Tentukan Tipe Rumah Sesuai Kebutuhan dan Anggaran

Ketahui tipe rumah yang ingin kamu bangun. Tipe rumah terdiri dari luas tanah dan luas bangunan. Alangkah lebih baiknya, Sesuaikan dengan budget nyata yang kita miliki dan sesuaikan juga dengan kebutuhan kamu. Penentuan tipe rumah bisa kita sesuaikan dengan kebutuhan. Jika kita tidak ingin rumah yang terlalu besar tapi tetap terasa luas dan cocok untuk pasangan dengan 2 orang anak, Maka kita bisa memilih tipe 50/60 yaitu rumah dengan luas bangunan 50 m² dan luas tanah 60 m².

2.  Survei Harga Material Bahan Bangunan

Walaupun bukan kita sendiri nantinya yang membangun, tidak ada salahnya untuk melakukan survei lapangan terhadap harga material dan bahan bangunan lainnya yang dibutuhkan.
Masing-masing toko bahan bangunan memasang harga yang sangat bervariasi. Kita bisa memulai membandingkan, toko mana yang sekiranya pas dengan budget kita. Pasalnya, biaya bahan bangunan inilah yang sering kali menjadi sumber bengkaknya anggaran secara tiba-tiba.
Jangan lupa untuk mencatat daftar perbandingan harganya, catat juga di mana kita akan membeli seluruh bahan dan material bangunan tersebut, mulai dari semen, keramik, hingga cat.


3. Pilih Bahan Bangunan yang Murah dan Berkualitas

Memilih bahan bangunan yang berkualitas bukan berarti harus mahal, harga mahal juga belum tentu berkualitas. Saat ini sudah banyak bahan material lokal yang kualitasnya bisa dibilang hampir menyamakan produk impor, bahkan lebih bagus.

Tapi sangat disayangkan, keberadaan bahan bangunan lokal, seperti kayu, sudah mulai langka dan memiliki nilai jual yang cukup tinggi daripada yang diimpor dari luar Indonesia.


4.Tentukan Desain Rumah Sesuai kebutuhan dan Bugjet

Kita juga harus mempertimbangkan desain rumah yang hemat budget. Mulai dari tata letak ruangan hingga properti di dalamnya.
Desain rumah minimalis bisa jadi pilihan untuk sekarang ini, desain minimalis memiliki banyak kelebihan, di antaranya:

  • Mengurangi biaya bahan bangunan karena tidak membutuhkan banyak ruangan.
  • Ruangan multifungsi. Misalnya ruang tamu bisa sekaligus dijadikan ruang keluarga, atau ruang makan bisa dijadikan satu dengan dapur.
  • Tidak memerlukan jasa arsitek untuk mendesain rumah. Lihat saja contoh rumah minimalis di internet, sudah banyak kok.
  • Tidak perlu membeli lebih banyak properti untuk mengisi ruangan.
5.Gunakan Jasa Tukang Bangunan Secara ‘Borongan’

Dalam sistem borongan, kita tidak perlu mengawasi mereka setiap hari. Biasanya akan ada mandor yang bekerja di atas mereka , Namun tempatkan orang yang kita dapat percayai untuk menjadi pengawas mewakili kita, sehingga pembangunan dapat berjalan dengan lancar sampai selesai.Jika dilihat dari biayanya, sistem borongan dirasa lebih menghemat budget daripada sistem harian. Namun, karena sistem borongan dibayar langsung sekaligus (tidak per hari), mereka sering kali terburu-buru mengerjakan sampai tidak memperhatikan kualitas bangunannya.
Sebaliknya, sistem harian membutuhkan lebih banyak biaya karena para tukang akan lebih memperhatikan kualitas bangunan (bukan waktu pengerjaan). Tapi, tidak jarang mereka bertindak curang dengan mengulur-ulur waktu agar mendapatkan bayaran yang lebih banyak.




Comments

Popular posts from this blog

ARSITEKTUR GEREJA ST YUSUF

Mencicipi Kesegaran dan Kelezatan " TITENI DAPURKYU "..... Kuliner semarangan